AKSI SOSIAL 2018

  • By Hima Akuntansi FEB Unair
  • In HIMAAK News
  • Posted 13 Desember 2018

AKSI SOSIAL (AKSOS) adalah agenda sosial yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga. Selama periode 2018, AKSOS telah diselenggarakan sebanyak enam kali dengan sasaran mulai dari anak anak di panti asuhan sampai oma oma di panti wredha.

AKSOS Maret dilaksanakan tanggal 16 Maret 2018 di SDLB AKW Kumara II. Acara dimulai jam 08.30 yang diawali dengan senam tari ayam. Hampir semua siswa sdlb akw kumara II menunjukkan antusias dan semangatnya dengan maju ke depan menirukan tarian ayam. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan melihat film ‘panci ajaib’ yang diakhiri kuis berhadiah. Tak kalah serunya dari games tari ayam, para siswa juga saling berebut untuk maju menjawab pertanyaan. Acara ditutup dengan games sambung lagu yang juga tak kalah antusiasnya. Keseluruhan acara berjalan dengan lancar adek adek dari SDLB AKW Kumara II juga sangat aktif dan senang.

 

S 10788945

AKSOS April dilaksanakan tanggal 28 April di daerah sekitar ambengan. Kegiatan AKSOS kali ini adalah mengajar. Awalnya adek adek ambengan dibagi menjadi dua kubu, yaitu kubu sd yang membuat kerajinan dari botol bekas dan kubu tk yg belajar berhitung bersama para volunteer. Dari kurang lebih 70 adek adek ambengan yang hadir, baik para anak sd yang membuat kerajinan dengan berbagai macam kreasi dan anak tk yang menjawab soal dari para volunteer demi mendapatkan hadiah permen sangat menunjukkan antusiasnya. Begitupun juga volunteer yang tak kalah antusiasnya di AKSOS 2.0 ini yang telah sabar mengajari adek adek ambengan membuat prakarya dan belajar berhitung.

 

S 10788944

AKSOS Mei dilaksanakan tanggal 18 Mei 2018 di Panti Yatim Indonesia. Acara dimulai pukul 16.30 yang di awali dengan membuat kartu ucapan lebaran. Antusias adek adek Panti Yatim Indonesia terlihat dari kreasi kartu ucapan yang dibuat. Ada yang dihiasi ketupat, masjid, bahkan truk besar yang dibantu oleh para volunteer. Sembari menunggu adzan magrib diselingi kuis kuis tentang islam yang tak kalah serunya dengan membuat kartu ucapan sebelumnya. Adek adek dari Yayasan Yatim langsung berebutan menjawab pertanyaan dari mc ketika soal dibacakan. Aksos kali ini diakhiri dengan buka bersama dan ditutup dengan do’a yang dipimpin langsung oleh pengurus Panti Yatim Indonesia

 

S 10788943

AKSOS September dilaksanakan tanggal 7 September 2018 di daerah gemblongan. Acara dimulai pukul 19.00 yang diawali dengan games tebak gaya. Para volunteer dengan totalitasnya memeragakan gaya dan adik adik gemblongan pun dengan tak kalah semangatnya saling berebutan untuk menjawab. Setelah lelah games, acara dilanjutkan dengan membaca cerita untuk memperingati hari aksara, tentang bersyukur secara bergantian.

 

S 10788946

AKSOS Oktober dilaksanakan tanggal 13 Oktober 2018 di Yayasan Hargo Dedali. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan karaoke lagu yang dinyanyikan mulai dari lagu nasional sampai lagu lagu lawas. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan membuat gelang. Walaupun sudah sepuh oma oma disana masih semangat dan tekun memasukkan manik manik satu per satu ke dalam senar. Acara diakhiri dengan duduk bersama antara volunteer dan oma dengan memainkan games yakni memutarkan barang dengan diiringi lagu dan pada saat lagu berhenti nanti yang dapat bisa bercerita, menyanyi, atau lain sebagainya.

 

S 10788942

Dan AKSOS terakhir di periode ini dilaksanakan tanggal 23 November 2018 di Lingkungan Pondok Sosial Keputih. Acara dimulai dengan perkenalan melingkar para gepeng yang hadir dan dilanjutkan dengan karaokean yang disambut dengan antusiasme warga liponsos. Setelah terbakar semangat para warga liponsos dan volunteer, acara dilanjutkan dengan bermain games yang tak kalah seru yaitu games lingkaran - patung pancoran - naik ojek - bunga kuncup - mendayung yang melatih fokus dan kecepatan gerak para volunteer dan warga liponsos. Senyuman dan gelak tawa para warga liponsos pecah dalam games ini. Setelah lelah bergerak mengikuti perintah mc, acara dilanjutkan dengan membuat kolase yang membentuk huruf AKS1 dari kedelai, dengan menggunakan sumpit agar lebih menantang, antara volunteer dan warga liponsos, sebagai bentuk bahwa kita ini satu, harus saling peduli dan membantu terhadap sesama.

Hits 148